9 Tips Audisi Lomba Menyanyi Untuk Pemula, Nomer 7 Wajib Dilakukan

9 Tips Audisi Lomba Menyanyi Untuk Pemula, nomer 7 Wajib Dilakukan! 

Saat ini banyak ajang lomba menyanyi yang diadakan dari tingkat daerah hingga tingkat internasional.  Informasi yang mudah diperoleh menjadikan ajang pencarian bakat ini sangat dinanti-nanti oleh khalayak ramai.  Tak pandang usia,  banyak orang yang ingin terkenal dan mencoba peruntungan di jalur showbiz ini.

  Pic ZedGe

Berikut 9 Tips buat kamu yang ingin sukses saat audisi lomba menyanyi:

1. Cari informasi tentang ketentuan lomba.

Informasi tentang ketentuan lomba sangatlah penting,  jangan sampai kita tidak mengetahui tata tertib lomba.  Ada lomba yang dikategorikan berdasar umur,  berdasar jenis kelamin dll. 
Ketentuan lain semisal harus membawakan lagu wajib dan pilihan,  musik pengiring harus disediakan sendiri, tanggal pendaftaran dan mekanisme lomba. 

2. Pilihlah lagu yang sesuai dengan jenis suaramu

Lagu yang tepat sangat menentukan performamu.  Hindari memilih lagu yang tidak sesuai dengan karakter suaramu. Hindari memilih lagu yang sulit dan belum kamu kuasai dengan baik.

3. Pilih nada yang sesuai range vocalmu

Jangan pernah memaksakan  nada. Setiap orang memiliki range vocal yang berbeda. Jika salah memilih nada,  kerendahan atau ketinggian justru akan merusak feel lagu yang kamu nyanyikan. 

4. Pahami pesan dalam lagu

Sebagai penyanyi, kamu harus bisa menginterpretasikan sebuah lagu.  Dalam sebuah lagu ada makna yang tersirat maupun tersurat.  Untuk memahami pesan lagu,  lakukan dengan cara membaca liriknya berulang,  mencoba mengartikan dari kata per kata,  atau bisa mencari info pesan apa yang ingin disampaikan oleh si pengarang dalam lagu tersebut melalui berbagai media. Luangkanlah waktu mempelajari materi lagu agar maksimal. 

5. Persiapkan performa dan mental

Lomba apapun itu, performa sangatlah penting.  Dalam lomba menyanyi selain suara,  penampilan merupakan penilaian yang tidak bisa ditinggalkan.  Bahkan hal ini merupakan hal yang paling penting.  Dengan penampilan yang bagus,  sesuai dengan tema dan jenis lagu,  membantu kita untuk menyampaikan isi lagu yang akan kita bawakan.  Performa yang sudah disiapkan secara matang memperbesar rasa percaya diri kita saat tampil sehingga bisa tampil maksimal dan berkualitas. 

6. Perhatikan makanan dan minuman yang harus di hindari

Banyak pantangan yang harus diperhatikan oleh seorang penyanyi:
Hindari coffein dan makanan/minuman berkadar gula tinggi.  Coffein menyebabkan kita mengalami diuresis (buang air seni berlebih) , coffein dan makanan berkadar gula tinggi juga menyebabkan pita suara menjadi kering. Selain itu,  hindari coklat,  pasta dan olahan susu,  sebab makanan/minuman tersebut dapat mengakibatkan pita suara kurang terhidrasi. 

7. Merawat pita suara agar suara lebih jernih dan merdu. 

Ada beberapa cara untuk merawat pita suaramu:
*Saat latihan,  jangan berlatih vocal terlalu lama yang membuat pita suaramu lelah.  Hal itu bisa berakibat fatal,  terlebih bagi seorang yang punya riwayat tonsilitis. 
*Jangan memaksakan nada tinggi melebihi range vocalmu
*Perbanyak minum air putih untuk menjaga pita suara tetap terhidrasi
*Ramuan air hangat ditambah jeruk dan madu dapat melegakan pernafasan dan menghidrasi tenggorokanmu
*Hindari makanan dan minuman yang memicu radang tenggorokan seperti gorengan,  minuman bersoda ataupun makanan tinggi gula. 

8. Percaya diri dan mindset

Saat audisi. Selain persiapan penguasaan mateti,  yang tidak juga tidak kalah pentingnys adalah mental juara. 

Perhatikan postur!

Good posture and walk with confidence even you're terrified! 

Percaya pada kemampuan diri,  yakin bisa menang. 

9. Berlatih intens

Tentulah berlatih sebelum "perang" merupakan hal yang paling utama.  Ibarat tentara bertempur,  jika ingin menang harus punya amunisi dan strategi,  kesemuanya itu diperoleh dengan berlatih tiada kenal lelah. 

Latihlah : pernafasan diafragma,  membentuk suara,  resonansi,  vocal dan konsonan,  intonasi,  artikulasi,  frasering,  interpretasi dan ekspresi. 

Jika perlu ikutilah kelas Vocal dengan bimbingan guru yang profesional. 
        pic Dok Pribadi


Dears...!
Jika ingin lolos dalam audisi lomba dan menjadi pemenangnya,  jangan bosan berlatih dan jangan berputus asa.

                        Pic Dok Pribadi

Comments

  1. Ih, kece banget deh dirimu, Mbak...suka dengar suaranya.. Tips yang bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bagus mbak... Terutama rajin berlatih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Banyak penyanyi pemula yg mau nya instan, padahal jika ingin berkualitas yg terpenting adalah latihan. Sayangnya kalau ikut kelas menyanyi budgetnya mihil.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

6 Puisi Cinta Buat Kekasih

Belajar Gitar Yuuk..! 5 Tips Ini Perlu Kamu Terapkan.